BNP2TKI imbau calon TKI tempuh prosedur resmi

badan nasional penempatan dan perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) mengimbau calon tki menempuh prosedur terjamin yang diatur pemerintah serta memenuhi persyaratan supaya bekerja ke luar negeri.

jangan terpancing iming-iming bagian yang tak bertanggung jawab karena bila tidak hati-hati dapat malah ketemu pada perdagangan pihak ataupun trafficking, tutur direktur sosialisasi serta kelembagaan bnp2tki rohyati sarosa dalam sosialisasi prosedur penempatan dan perlindungan tki pada kabupaten banyuwangi, jawa timur, jumat.

sosialisasi dan berlangsung pada lapangan desa sraten, kecamatan cluring, itu dikuti sekitar seribu orang tersebut dikemas selama pementasan kesenian tradisional setempat seperti kendang kempul juga tarian gandrung.

rohyati menyebutkan prosedur resmi yang mesti ditempuh calon tki agar berusaha selama luar negeri yaitu dengan pelaksana penempatan tki swasta (pptkis) resmi/legal, memenuhi penyuluhan dengan petugas bnp2tki dan jajaran instansinya selama daerah dan disnakertrans kabupaten/kota.

Informasi Lainnya:

selain tersebut daftar dalam disnakertrans kabupaten/kota, mengikuti proses seleksi dan dilaksanakan dengan pptkis juga disnakertrans kabupaten/kota, menandatangani perjanjian penempatan melalui pptkis dan disahkan dengan disnakertrans kabupaten/kota.

kemudian, memastikan mendapat asuransi, studi serta latihan keterampilan kerja, mendapat paspor serta visa kerja.

lalu memahami isi juga menandatangani perjanjian kerja dan telah disahkan oleh perwakilan ri, wajib memenuhi pembekalan akhir pemberangkatan (pap) dari balai pelayanan penempatan dan perlindungan tki (bp3tki), wajib memiliki kartu tenaga kerja luar negeri (ktkln) yang diperoleh secara tidak perlu bayar di bnp2tki dan jajaran instansinya dalam daerah.

kemudian melapor ke perwakilan ri sesudah tiba dalam negara penempatan dan sesudah kontrak kerja berakhir, terserah ke tanah air dan melapor ke petugas bp3tki di bandara atau pelabuhan kedatangan.

rohyati sarosa menegaskan bahwa bnp2tki sama sekali tak menganjurkan ataupun mengimbau masyarakat untuk menjadi tki selama luar negeri.

namun di tengah keterbatasan lapangan kerja dalam dalam negeri, berusaha selama luar negeri merupakan pilihan serta opsi dan mampu membantu keluar dari pengangguran serta kemiskinan, katanya.

oleh sebab tersebut, ujarnya, tugas utama bnp2tki merupakan melayani juga memfasilitasi penduduk yang mau bekerja ke luar negeri melalui prosedur resmi sebagaimana diamanatkan uu nomor 39 tahun 2004 perihal penempatan dan perlindungan tki selama luar negeri.

bnp2tki melaporkan banyak sekitar enam juta tki bekerja dalam 143 negara dan pemerintah hingga kini baru memberlakukan moratorium ataupun penghentian penempatan tki sektor informal penata laksana rumah tangga (plrt) ke malaysia, arab saudi, kuwait, yordania, dan suriah sebab lima negara itu tak mampu melindungi dengan bagus tenaga kerja asing termasuk tki selama negara itu.