Gubernur: Freeport harus utamakan keselamatan pekerja

gubernur papua, lukas enembe membayar pt freeport indonesia mengutamakan keselamatan setiap orang dan bekerja pada area perusahaan tambang emas, tembaga itu.

lukas enembe terhadap wartawan dalam timika, jumat mengatakan banyaknya persentasi korban meninggal akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan di selasa (14/5) adalah sejarah masih kepada freeport dan sudah puluhan tahun beroperasi pada mimika, papua.

kejadian ini merupakan sejarah di puluhan tahun freeport ada. angka korban cukup banyak, kata lukas.

lukas enembe dan masih lebih daripada dua bulan menjabat gubernur papua jangka waktu 2013-2018 mengingatkan jajaran freeport supaya lebih mengetahui berbagai input daripada pemerintah dan para tokoh penduduk.

Informasi Lainnya:

dengar kita bicara, dan tua-tua supaya seluruh dapat jalan menarik, papar lukas.

pemerintah provinsi papua, ujarnya, menyatakan ikut berduka cita atas menimbulkan sederat pekerja pt freeport dan perusahaan kontraktornya akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan.

ucapan duka cita yang sama disampaikan terhadap keluarga kaum korban yang meninggal.

ketua komisi b dprd mimika, wilhelmus pigai menilai peristiwa runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan selama area kerja pt freeport yang menimpa 39 pekerja bukanlah kejadian mampu, tetapi luar biasa.

kita jangan anggap enteng, ini kejadian luar biasa karena korban begitu banyak. ini adalah tragedi kemanusiaan, tutur wilhelmus.

ia terserah mendesak dilaksanakan investigasi independen pada insiden runtuhnya fasilitas website pelatihan tambang bawah tanah pt freeport tersebut dan perusahaan wajib mengerjakan evaluasi secara menyeluruh sistem keamanan tambang bawah tanahnya.

wilhelmus mengatakan amat mendukung penutupan akan tetapi semua aktivitas pertambangan pt freeport supaya perusahaan lebih mengutamakan proses evakuasi lebih daripada 20 pekerja yang masih terkubur pada pada reruntuhan terowongan big gossan.

dari 15 pekerja dan sudah ditemukan, sebanyak lima pihak diantaranya meninggal dunia. mereka adalah mateus marandof, selpianus edoway, yapinus tabuni, aan nugraha juga rooy kailuhu. empat pekerja dari 10 pekerja dan selamat mesti menjalani perawatan lanjutan selama jakarta karena kondisinya baru kritis.

pt freeport menyampaikan upaya pencarian serta evakuasi kaum pekerja baru terus dilaksanakan sampai ketika ini. presiden direktur pt freeport, rozik b. soetjipto bersama direktur jenderal mineral dan batubara thamrin sihite telah tiba dalam tembagapura sejak kamis (16/5) untuk menikmati langsung upaya evakuasi para korban dan mengunjungi korban dan masih dirawat selama properti sakit tembagapura.