Gubernur: Freeport harus utamakan keselamatan pekerja

gubernur papua, lukas enembe menyewa pt freeport indonesia mengutamakan keselamatan setiap orang yang bekerja dalam area perusahaan tambang emas, tembaga itu.

lukas enembe pada wartawan di timika, jumat menyatakan banyaknya jumlah korban meninggal akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan dalam selasa (14/5) merupakan sejarah baru terhadap freeport yang telah puluhan tahun beroperasi selama mimika, papua.

kejadian ini merupakan sejarah di puluhan tahun freeport banyak. persentasi korban lumayan banyak, papar lukas.

lukas enembe dan masih lebih dari dua bulan menjabat gubernur papua periode 2013-2018 mengingatkan jajaran freeport agar lebih mendengar semua input daripada pemerintah serta kaum tokoh penduduk.

Informasi Lainnya:

dengar kita bicara, dan tua-tua untuk berbagai dapat jalan baik, kata lukas.

pemerintah provinsi papua, katanya, menyatakan ikut berduka cita atas mengakibatkan sederat pekerja pt freeport serta perusahaan kontraktornya akibat runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan.

ucapan duka cita dan sama diutarakan kepada keluarga kaum korban dan meninggal.

ketua komisi b dprd mimika, wilhelmus pigai menilai peristiwa runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan dalam area kerja pt freeport yang menimpa 39 pekerja bukanlah kejadian dapat, ternyata luar biasa.

kita jangan anggap enteng, ini kejadian luar biasa karena korban begitu ada. ini adalah tragedi kemanusiaan, papar wilhelmus.

ia terserah mendesak dilakukan investigasi independen pada insiden runtuhnya fasilitas website latihan tambang bawah tanah pt freeport tersebut serta perusahaan wajib mengerjakan evaluasi dengan menyeluruh sistem keamanan tambang bawah tanahnya.

wilhelmus menyampaikan sangat mendukung penutupan sementara berbagai aktivitas pertambangan pt freeport untuk perusahaan lebih mengutamakan proses evakuasi lebih daripada 20 pekerja dan masih terkubur dalam dalam reruntuhan terowongan big gossan.

dari 15 pekerja dan telah ditemukan, sebanyak lima pihak keduanya meninggal dunia. mereka adalah mateus marandof, selpianus edoway, yapinus tabuni, aan nugraha dan rooy kailuhu. empat pekerja dari 10 pekerja yang selamat harus menjalani perawatan lanjutan selama jakarta sebab kondisinya baru kritis.

pt freeport menyampaikan upaya pencarian dan evakuasi kaum pekerja masih terus dilakukan hingga saat ini. presiden direktur pt freeport, rozik b. soetjipto bersama direktur jenderal mineral dan batubara thamrin sihite telah tiba dalam tembagapura dari kamis (16/5) agar menikmati langsung upaya evakuasi kaum korban juga mengunjungi korban yang baru dirawat pada rumah sakit tembagapura.