Peringatan 1 Mei di Jayapura dilakukan dengan upacara

wakil bupati kabupaten jayapura roberth djoenso, sh mengatakan puncak peringatan kembalinya papua ke pangkungan nkri tanggal 1 mei diperingati dengan upacara bendera dan diselenggarakan selama makam pahlawan marthen indey dalam kampung sabron, kabupaten jayapura.

peringatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. kami lebih fokuskan terhadap warga, ujarnya terhadap antara di sentani, sabtu.

ia menunjukan, setelah dilakukan upacara bendera, selanjutnya ingin diadakan acara rakyat semisal yosim pancar, lemon nipis, lomba vokal grup dan dialog antara pemerintah juga penduduk.

tidak ada acara pendaratan ampibi dan penampilan udara dari tni, ujarnya.

Informasi Lainnya:

lebih lanjut robert mengatakan, tidak keberadaan acara dari tni sebab lokasi pelaksanaan dan tak mendukung.

sebelumnya diselenggarakan dalam kalkhote, tapi sekarang kalkhote banjir oleh karenanya lokasinya tidak bisa digunakan, imbuhnya.

hal yang sama dan disampaikan ketua panitia peringatan 1 mei tingkat kabupaten jayapura, yanto dago. menurutnya, walaupun peringatan kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, diinginkan penduduk bisa ikut dan menyukseskan acara rakyat ini.

peringatan ini dibuat agar rakyat makanya berbagai tema acaranya melibatkan rakyat dengan langsung, papar yanto.

ia menambahkan, dengan keberadaan dialog serta pesta rakyat ini, penduduk pun bisa menyalurkan aspirasinya kepada pemerintah.

dalam diskusi ini, unsur pemerintah, warga, kepala kampung, lsm, tni-polri mau didudukan bersama, pungkasnya.